Agatha Christie 1967 Endless Night - Malam Tanpa Akhir



Penduduk desa Kingston Bishop di Inggris berkata siapa pun yang tinggal di rumah Gipsy's Acre akan mengalami nasib malang dan kejadian-kejadian berbahaya... dan akhirnya akan mengalami kematian, karena rumah itu penuh kutukan.

Tapi Mike dan Ellie sedang dilanda cinta. Mereka akan mendirikan rumah mereka di Gipsy's Acre, dan kebahagiaan mereka akan menghapuskan segala masa lalu yang jahat itu untuk selama-lamanya.

Tapi kemudian ancaman-ancaman itu mulai datang. Kecelakaan-kecelakaan, juga teror. Tiba-tiba cita-tiba mereka yang indah menjadi mimpi buruk yang penuh dengan ketakutan, pengkhianatan... dan pembunuhan!


Mereka yang terlibat :

Michael "Mike" Rogers - seorang laki-laki Inggris berusia 22 tahun yang tampan & menikmati hidup dengan mengembara serta berganti-ganti pekerjaan, dan yang selalu memburu gadis-gadis cantik meskipun keuangannya agak pas-pasan.

Nyonya Rogers - ibu Mike yang mengetahui Mike lebih banyak daripada yang ia kira.

Fenella "Ellie" Guteman - gadis cantik berusia 21 tahun yang tidak sengaja ditemui Mike di Gipsy's Acre. Gadis yang kaya tetapi merasa terkekang dengan kehidupannya. Tinggal di New York sebelum akhirnya pindah ke Inggris setelah menikah dengan Mike.

Greta Andersen - cantik jelita dengan tubuh jangkung & rambut pirang keemasan. Asistem setia Ellie sekaligus teman yang pandai mengatur segala yang diperlukan Ellie. Berkebangsaan Swedia-Jerman.

Rudolf Santonix - seorang arsitek penyakitan yang membantu Mike merancang rumah idamannya. Banyak yang bilang Santonix orang aneh karena bisa melihat dengan jelas keinginan seseorang yang sebenarnya.

Cora Van Stuyvesant - ibu tiri Ellie yang sangat lihai bersandiwara. Bermuka dua tetapi sangat bergantung uluran tangan Ellie.

Frank Barton - paman Ellie, suami dari saudara perempuan ayah Ellie yang sudah meninggal. Seringkali tersandung masalah yang membutuhkan banyak uang dari Ellie.

Andrew Lippincott - pengacara dan wali kepercayaan Ellie sebelum menginjak usia 21 tahun. Pria separuh baya yang berasal dari Amerika, bermata tajam & berpikiran cerdas.

Stanford Lloyd - seorang bankir yang dipercayakan Ellie untuk mengurusi investasi & sebagian keuangan Ellie.

William Reuben Pardoe - paman (lebih tepatnya sepupu) Ellie yang selalu membutuhkan uang Ellie. Berbadan kekar dan menyimpan kecerdasan dibalik wajahnya.

Claudia Hardcastle - adik tiri Santonix yang tinggal di desa Kingston Bishop. Langsung akrab dengan Ellie karena hobi mereka sama.

Nyonya Esther Lee - seorang wanita keturunan gipsy yang selalu memperingatkan Mike & Ellie tentang kutukan serta bahaya yang akan menimpa mereka jika mereka tetap menginjakkan kaki di Gipsy's Acre

Mayor Philpott - dijuluki 'Dewa Setempat' karena sudah tinggal turun temurun di desa Kingston Bishop serta yang menguasai daerah itu. Seorang yang baik hati & sangat adil. Istrinya bernama Corgi.

Dokter Shaw - dokter desa Kingston Bishop yang membantu menyelidiki kematian janggal yang terjadi di Gipsy's Acre.

Sersan Keene - kepala polisi setempat yang membantu penyelidikan. Badannya kekar & berakal cerdas.


Akhirku adalah permulaanku... Aku sering mendengar kutipan itu. Kedengarannya bagus - tapi apa sebenarnya artinya? Apakah memeang ada tempat tertentu di mana orang bisa menunjuk dan berkata, "Semuanya bermula pada hari itu, pada jam sekian, di tempat tertentu, dengan kejadian tertentu? - (Michael Rogers - Endless Night)

Aku tidak pernah lama menekuni satu pekerjaan. Untuk apa? Menurutku hampir semua yang pernah kulakukan menarik. Ada beberapa yang membutuhkan kerja lebih keras daripada lainnya, tapi aku tidak terlalu peduli dengan hal itu. Aku bukan sungguh-sungguh pemalas. Kurasa aku orang yang pembosan. Aku ingin pergi kemana-mana, melihat segala-galanya, melakukan semuanya. Aku ingin menemukan sesuatu. Ya, itu dia. Aku ingin menemukan sesuatu. - (Michael Rogers - Endless Night)

Lahir miskin, tidak berarti kau akan miskin seterusnya. Uang itu unik, hanya pergi ke tempat-tempat yang diinginkannya. (Rudolf Santonix - Endless Night)

Baca novelnya disini 
Official Store 


Trivia:

* Endless Night pada situs resmi Agatha Christie dimasukkan pada genre supernatural kemungkinan karena penampakan yang dilihat oleh Mike dalam cerita.

* Agatha Christie menyelesaikan novel ini dalam tempo 6 minggu (biasanya Agatha menyelesaikan satu novel dalam kurun waktu 3-6 bulan. Hebatnya lagi dilakukan pada saat menemani suaminya, Mallowan, berkunjung ke Amerika.

* Judul novel ini diambil dari sebuah puisi karangan William Blake yang berjudul Auguries of Innocence, dimana sebagian puisinya dinyanyikan oleh Ellie di dalam cerita.

Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o