Bikin Pot Tanaman dari Pipa Paralon Yuuk


Vrooh, kamu lagi sibuk gak? Kalo gak sibuk kita bikin pot tanaman yuuk!

Lho kok pot dibikin? Bukannya banyak yang jual? Yeh, kalo yang dijual mah sudah umum, mending bikin sendiri. Disamping unik dan gak nyamain kayak punya tetangga sebelah rumah, kalo bikin sendiri kan ada kepuasan tersendiri terus nanti tanaman yang ditanam di pot hasil bikinan kamu sendiri juga ikutan seneng soalnya dia dikasih tempat bertumbuh yang unik oleh majikannya.

Kali ini Gudang Monster mau kasih tips dan cara bikin pot tanaman dari bahan pipa paralon. Tau kan pipa paralon? Kalo kamu belum tau, mending ke toko material dulu gih tanya sama si Ngko/Ncie pipa paralon tuh kayak gimana penampakannya.

Penampakan pipa Paralon

Nah, sekarang dah tau kan kayak gimana pipa Paralon? Bagus. Sekarang coba kamu cari di rumah kamu pipa Paralon bekas yang sudah gak terpakai. Kalo ada pipa tersebut bisa kamu pake, tapi tanya dulu yaak sama Bokap kamu, "Father, paralonnya masih dipake gak? Kalo gak kepake aku pake aja yaak"

Kalo Bokap kamu ngizinin berarti tuh Paralon bisa kamu pake, tapi kalo Bokap gak ngizinin, ya kamu rayu deh Bokap kamu biar Paralonnya tetep bisa kamu pake (maksa dikit kek siapa tau kelak kamu ternyata jadi pengusaha ekspor kerajinan dari paralon bekas, kan Bokap kamu bangga nantinya juga).

Yaak lanjuut, setelah dapet pipa Paralon, kita akan bikin pot tanaman yang juga berfungsi buat mempercantik dekorasi ekterior rumah kamu tentunya. Siapkan alat-alat yang dibutuhin dibawah ini dan ikuti caranya.


Alat dan Bahan yang Dibutuhkan :

Gergaji besi
Pipa Paralon diameter 10 - 20 cm
Penutup paralon (dop)
Lakban kertas
Kawat
Serabut kelapa
Cat khusus furniture (Duco)
Selang air kecil
Bibit tanaman


Langkah Pembuatan :

  1. Potong pipa sepanjang 1 meter.
  2. Bolongi dinding pipa kira-kira 10 - 15 cm dengan gergaji besi.
  3. Pasang penutup di kedua sisi pipa.
  4. Bolongi juga juga 2 titik di bagian bawah pipa untuk saluran pembuangan air.
  5. Pasang selang di bagian bawahnya.
  6. Masukkan serabut kelapa ke dalam pipa terus disusul dengan tanah.
  7. Tanam bibit tanaman ke dalam tanah.
  8. Untuk bikin pola, tempelkan lakban kertas di sepanjang pipa sesuai kreatifitas kamu, kemudian semprot dengan cat Duco.
  9. Tunggu kering terus cabut lakbannya.
  10. Kalo mau digantung, pake kawat yang sebelumnya sudah dililitin ke pipa paralon.



Nah, selamat mencoba dan melihat hasilnya. Bagus gak? Ya kalo menurut kamu kurang bagus, maklum kan baru pertama bikin, kamu bisa coba bikin lagi kok besok-besok. 

Buat selanjutnya kamu bisa kreasikan sendiri kira-kira bentuk potnya pengin kayak gimana lagi yang bisa kamu bikin, karena yang kita kasih cara pembuatannya disini adalah pot tanaman versi simpel dan sederhana (kelas cemen kali yaak).

Kamu bisa bikin sendiri versi yang lebih rumit dan lebih menantang lagi biar semakin bagus dilihat serta elegan (ini bahasanya udah pada ngaco, maklum dah ngantuk pengin cepet-cepet tidur). Terakhir kita kasih contoh gambar-gambar pot tanaman dari pipa Paralon dari blog tetangga, selebihnya bisa kamu cari sendiri di Goooooogle yaak.

Dadah, kita mau bobo cantik dulu yaak.








Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o