7 Keajaiban Dunia



Pada suatu hari saya mengajar sekelompok mahasiswa kelas geografi membahas tentang "Tujuh Keajaiban Dunia."
Pada awal pelajaran, saya meminta mereka untuk membuat daftar apa yang mereka pikir merupakan "Tujuh Keajaiban Dunia" saat ini. Walaupun ada beberapa ketidaksesuaian, sebagian besar daftar tersebut berisi :

1) Piramida,
2) Taj Mahal,
3) Tembok Besar Cina,
4) Menara Pisa,
5) Kuil Angkor,
6) Menara Eiffel,
7) Kuil Parthenon.

Ketika semuanya selesai mengumpulkan daftar pilihan, saya memperhatikan seorang mahasiswi, dia seorang gadis yang pendiam (dan kebetulan orangnya juga cantik), yang belum mengumpulkan kertas kerjanya. Jadi, saya bertanya kepadanya apakah dia mempunyai kesulitan dengan daftarnya itu.

Gadis pendiam itu menjawab, "Ya,sedikit. Saya tidak bisa memilih karena sangat banyaknya."
Saya penasaran dan berkata, "Baik, katakan pada kami apa yang kamu miliki, dan mungkin kami bisa membantu memilihnya."

Gadis itu ragu sejenak, kemudian membaca daftarnya, "Saya pikir, "Tujuh Keajaiban Dunia" adalah :

1) Bisa melihat,
2) Bisa mendengar,
3) Bisa menyentuh,
4) Bisa menyayangi,
Dia ragu lagi sebentar, dan kemudian melanjutkan,

5) Bisa merasakan,
6) Bisa tertawa, dan
7) Bisa mencintai."

Ruang kelas mendadak sunyi seketika. Semua yang ada di ruangan kelas menatapnya. Kemudian saya tersenyum dan berkata pada mahasiswi cantik tersebut, "Saya rasa memang seperti itu, dan 'daftar' itu belum pernah saya temukan di buku manapun juga."

Di akhir pelajaran, mahasiswi cantik dan pendiam itu tersenyum pada saya sambil memberikan secarik kertas kecil bertuliskan nomor handphonenya. Akhirnya kami berkencan.

---

Alangkah mudahnya bagi kita untuk melihat pada eksploitasi manusia dan menyebutnya "keajaiban". Sementara bila kita coba lihat lagi semua yang telah Tuhan karuniakan untuk kita, kita menyebutnya sebagai "sesuatu yang biasa." Seringkali kita tidak menyadari bahwa dalam diri kita banyak sekali hal yang patut kita syukuri dan kita anggap sebagai keajaiban itu sendiri dibandingkan dengan hal-hal yang bersifat materi atau hasil buatan manusia.

Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o