Membuat Lubang Menembus Bumi

Cara Membuat Terowongan Menembus Bumi, Apakah Kita Bisa Menembus Bumi? Gudang Monster, Endoneshia, Menembus Bumi-Bulan

Apa yang akan terjadi jika kita mengebor terowongan melalui pusat bumi hingga menembus ke sisi bumi lainnya dan melompat ke dalamnya?

Meskipun tidak mungkin untuk melakukan hal ini di bumi, tapi mungkin hal ini bisa dilakukan di bulan. Bulan memiliki inti dingin dan juga tidak memiliki lautan atau air tanah untuk mengacaukan segalanya. Selain itu, bulan tidak memiliki atmosfer, sehingga terowongan akan memiliki vakum yang bagus di dalamnya yang menghilangkan gangguan aerodinamis.

Membuat Terowongan Bulan, Bagaimana Cara Menembus Bulan

Jadi, bayangkan sebuah terowongan yang menembus bulan dengan diameter 20 kaki (7 meter). Di satu sisinya ada tangga. Jika kamu menuruni tangga, apa yang akan kamu temukan adalah bahwa berat badan kamu berkurang. Gravitasi disebabkan oleh objek yang saling tarik menarik satu sama lain terkait dengan massa mereka.

Ketika kamu menuruni terowongan semakin dalam dan semakin dalam, massa bulan akan di atas anda, sehingga menarik kamu ke atas. Setelah kamu sangat dekat dengan pusat bulan, kamu akan merasa ringan sekali dan akhirnya kamu tidak akan merasa berat sedikit pun ketika tepat pada pusat bulan. Semua massa bulan di sekeliling kamu menarik kamu secara equal, sehingga semuanya saling membatalkan dan kamu tidak merasakan berat sama sekali.


Jika kamu Bisa Menembus Bumi, Terowongan Bumi, Terowongan Menembus Bumi

Jika kamu melompat ke terowongan dan membiarkan dirimu jatuh, kamu akan dipercepat menuju pusat bulan dengan kecepatan yang semakin lama semakin tinggi. Kecepatan tertinggi yang kamu alami adalah ketika kamu tepat akan mencapai pusat bulan dan setelah itu kecepatanmu mulai menurun/melambat.

Kamu akhirnya akan berhenti ketika kamu mencapai bibir terowongan di sisi lain dari bulan, dan kemudian kamu akan mulai jatuh kembali ke terowongan menuju arah dimana anda tadi berasal. Dan kamu akan berosilasi bolak-balik seperti ini selamanya.

Jika Kamu Bisa Menembus Bumi, Terowongan Bumi, Terowongan Menembus Bumi


Jika kamu bisa melakukan ini di bumi, salah satu efeknya yang menakjubkan yaitu kemudahan dalam perjalanan. Diameter bumi adalah sekitar 12.700 kilometer (7.800 mil). Jika kamu membuat bor terowongan lurus melalui pusat bumi dan dapat menciptakan vakum didalamnya, apa pun yang kamu jatuhkan ke dalam terowongan itu, akan mencapai sisi lain dari planet ini hanya dalam 42 menit dan akan kembali lagi setelah 84 menit sejak ia dijatuhkan!

Nah, hebat, kan?! Tapi jangan pernah coba bikin terowongan itu sendiri di rumah ya, karena sehebat apapun peralatan kamu itu nggak akan berhasil melawan kuatnya gravitasi bumi.


Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o