Keunikan Bulan Puasa di Indonesia


Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh para umat Islam di seluruh dunia.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Dan di bulan Ramadhan nggak hanya puasa saja yang ditunggu-tunggu tapi banyak kegiatan unik yang dilakukan terutama oleh muslim di Indonesia.

1. Bangunin Orang Sahur.
Betul. Kegiatan ini sudah lama jadi tradisi di Indonesia. Biasanya para warga yang membangunkan warga lainnya untuk sahur, berkeliling dengan membawa alat pukul mulai dari galon, panci, sampai drum buat bangunin orang sahur. Kata-kata yang paling umum diucapkan "Sahur... Sahur...!" dengan nada yang sudah pasti cukup lekat di telinga kita semua (dalam hati kamu sekarang pasti lagi ngikutin nadanya, kan? Hehe).


2. Kolak dan Takjil Terpopuler.

Makanan yang satu ini merupakan salah satu takjil (makanan untuk berbuka puasa) yang sangat difavoritkan pada saat bulan puasa Ramadhan. Kolak yang merupakan makanan berbahan dasar pisang, singkong, ubi, tepung aci warna-warni (duh, jadi ngiler) ini rasanya sangat manis dan tepat untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Kurang lengkap ya rasanya kalo berbuka puasa tanpa kolak, kayak ada yang kurang gimana gitu.


3. Buka Puasa Bersama.

Buka puasa bersama atau biasa disingkat 'Bukber' yang sudah menjadi kebiasaan bagi umat Islam di Indonesia. Buka bersama juga sebagai ajang silaturahmi sesama muslim. Jangan ngaku muslim Indonesia kalo belum ikut buka bersama, hihihi. Mungkin bisa dibilang paling afdol dan banyak pahalanya kalo kamu ngadain acara buka bersama dengan teman atau keluarga kamu bersama-sama dengan anak yatim-piatu.


4. Makan Buah Kurma.

Buah yang disunnahkan oleh Nabi ketika buka puasa yaitu kurma. Nggak hanya itu buah kurma sendiri biasanya hanya terdapat pada saat bulan puasa. Kebangetan deh kalo dalam sebulan puasa kamu nggak berbuka dengan makan kurma.


5. Ngabuburit.

Inilah salah satu tradisi unik yang sering kita lakukan pada bulan Ramadhan. Yap, ngabuburit atau menunggu waktu berbuka dengan melakukan kegiatan yang positif. Ya, pastinya sebelum kita berbuka puasa dapat mengerjakan hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain. Ngabuburit ini dapat dikerjakan sendiri ataupun bersama teman, kerabat dan keluarga, seperti tadarus Al-Qur'an, jalan-jalan atau membeli takjil untuk berbuka puasa. Kalo sudah ngabuburit biasanya waktu nggak terasa ya tiba-tiba sudah mau buka puasa aja, hehe.

Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o