6 Makanan Penghilang Rasa Pedas

Makanan Pedas, Penghilang Rasa Pedas di Mulut, Cara Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut, 6 Makanan Penghilang Rasa Pedas di Mulut, Gudang Monster, Endoneshia

Ceritanya aku makan malam sama istri dan anakku di salah satu tempat makan di daerah Jababeka Cikarang. Menunya ayam penyet. Kami pesen 3 potong ayam dan 2 nasi ditambah 3 teh hangat. Pertanyaannya kenapa nasinya cuma pesen 2 bukannya 3?

Aneh ya? Enggak lah, kan aku sebenernya dah bawa nasi 1 kotak tupperware dari rumah. Karena rencananya kami mau makan crispy steak. Jadi tambah aneh ya kok makan steak pake nasi? Biasalah orang Indonesia, makan bakso aja pake nasi biar kenyang. Tapi berhubung crispy steaknya masih tutup ya udah nyari alternatif lain yang enggak jauh dari situ. Jadilah kami ke tempat makan ayam penyet yang lumayan rame sama anak-anak muda yang pada beli disitu. Ini baru kali pertama kami nyobain ayam penyet.
 
Dan, edan, yang namanya ayam penyet kali ya, sambelnya itu loh gila, sadis banget, pedas abis. Aku sama istri sampe ngeluarin air mata makan itu masakan, sementara anak perempuanku tenang-tenang aja makan dan sama sekali enggak kepedesan (ya iyalah kan dia makannya enggak pake sambel sama sekali).

Selama makan aku terus berdzikir sambil istighfar, soalnya kalau enggak gitu kayaknya itu sambel emang bisa bikin yang makan jadi emosian terus ngajak berantem deh sama yang jual. Pokoknya enggak bisa diucapkan dengan kata-kata soalnya memang mulut posisinya lagi kepedesan, paling bisanya teriak sambil berharap semuanya segera berakhir (beneran loh selama makan aku berharap cepat selesai makannya).

Alhamdulillah, setelah berjuang dan berusaha keras menghabiskan nasi menu ayam penyet dengan sambal super-extra-hyper-ultimate-pedas, akhirnya selesai juga. Sisa-sisa tulang ayam yang enggak kumakan otomatis aku oper ke kucing yang udah dari tadi sabar nungguin. Lucu muka kucingnya jadi pengen adopsi. Rasa pedas yang masih bersarang di langit-langit mulut, aku netralkan dengan segelas teh hangat yang sudah kami pesan, ditambah setengah gelas lagi aku minta punya anakku. Soalnya pedes banget, gila, edan, sadis pokoknya sambelnya cukup tau.

----- selesai -----
----- nah, yang dibawah ini artikel copas bukan curhat -----

Terlalu banyak makan cabe atau sambal bisa bikin mulut kamu panas kelabakan dan langsung aja deh kamu mencari makanan penawar pedas, tapi kamu nggak tahu makanan yang tepat buat menghilangkan rasa pedas tersebut. Banyak orang yang menetralkan rasa pedas dengan minum air mineral atau bahkan air es. Padahal cara tersebut salah, malah bikin rasa panas tambah menyebar ke seluruh mulut kamu.

Nah supaya kamu lebih leluasa makan makanan pedas dan nggak bingung mencari penawar hawa setan tersebut, inilah 6 makanan penghilang rasa pedas yang bisa kamu coba (khusus yang nomor 5 kamu boleh bawa sendiri dari rumah soalnya di warung-warung makan biasanya nggak nyediain, hihihi).


1. Susu, yoghurt, keju dan sejenisnya.

Susu, yoghurt dan keju bisa menghilangkan rasa pedas. Hal ini karena kandungan lemak dalam produk susu dapat menetralkan rasa panas di mulut. Kalo soal ini sih, enggak pas lagi makan pedas juga aku suka minum susu apalagi anakku yang perempuan.


2. Gula.

Hamburkan gula di lidah kamu lalu hisap selama 30 detik. Gula akan menyerap rasa pedas di mulut kamu. Sekali-sekali bisa kamu coba juga pake gulali biar greget dan biar enggak penasaran.


3. Nasi.

Makanlah beberapa sendok nasi ketika kamu merasa sangat kepedasan. Butiran nasi dapat menarik rasa pedas di mulut. Makanlah nasi lebih banyak lagi kalo kamu masih ngerasa laper.


4. Jeruk Nipis.

Potong jeruk nipis dan hisaplah (hisapnya pake mulut yaak bukan pake hidung). Jeruk nipis dipercaya bisa mendinginkan lidah yang terasa terbakar.


5. Selai Kacang.

Makan selai kacang juga bisa bantu kamu menetralkan rasa pedas. Sama seperti produk susu, selai kacang juga mengandung lemak yang dapat 'mendinginkan' rasa pedas di mulut. Kalo ada roti tawarnya, kamu bisa sekalian bikinin buat aku.


6. Jus Buah.

Efek dari makan pedas juga bisa bikin kepala terasa pusing. Kalo sudah begitu berarti kamu sangat dehidrasi alias kekurangan air. Tapi jangan kuatir, buat mengatasinya segeralah minum jus buah (nggak pake es ya) supaya menetralkan pedas dan meredakan pusing di kepala kamu. Kalo kepala kamu masih terasa pusing juga, coba liat isi dompet kamu, mungkin kamu pusing karena duit di dompet kamu tinggal seribuan bukan karena makanan pedas.


Jadi mulai sekarang, buat kamu yang terbiasa makan makanan pedas sambil ditemani es teh manis ataupun jenis minuman es lainnya, hindarilah, karena dengan minum es bukanlah solusi buat menghilangkan rasa pedas di mulut kamu.

----- selesai sudah artikelnya, tamat -----

Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o