39 Jalan Menuju Kematian



"Just Die Enormous than Live Dormant." Pilihlah untuk mati secara luar biasa daripada hidup sia-sia."


Vrooh, jangan keliru nangkep maksud dari judulnya yah!, Gudang Monster bukan mau ngomongin gimana supaya caramu meniggal bisa menarik perhatian banyak orang. Tapi maksudnya, "cara mati yang luar biasa" adalah gimana kita bikin hidup kita bener-bener berarti, sehingga ketika kita mati nanti, kita bisa meninggalkan makna yang mendalam bagi orang-orang di sekitar kita.

Kita nggak akan selamanya hidup di dunia. Makanya, kita harus memilih menjadi seperti apa selama kita hidup.

Robin Sharma, seorang penulis dan pelatih kemampuan kepemimpinan asal Kanada, merumuskan 39 poin supaya kita bisa menjalani hidup yang bener-bener hidup sehingga bisa memberi makna bagi orang-orang di sekitar kita. Kalo kamu bisa ninggalin sesuatu yang berguna bagi orang lain saat kamu mati, kamu juga bangga kan?


1. Bermimpilah dan miliki Visi setinggi mungkin.


Kalau orang-orang nggak ngetawain mimpi-mimpi kamu, berarti kamu belum memiliki impian yang benar-benar besar. Jangan membatasi mimpi kamu. Biarin aja orang-orang ngetawain dan ngeraguin kamu. Anggap itu sebagai motivasi buat memacu diri kamu meraih impian.


2. Pusatkan Perhatian pada sebarapa banyak orang-orang yang kamu tolong, bukan pada seberapa banyak pengakuan yang kamu dapatkan.


Berhentilah mberbuat sesuatu supaya kamu diakui orang lain. berbuatlah sesuatu agar kamu bisa membantu orang lain.

3. Teruslah Berusaha menjadi yang Terbaik, apaun profesi atau keahlian kamu.


Teruslah berusaha, jangan diam aja, Vrooh. Fokuskan waktu kamu untuk selalu meningkatkan kemampuanmu.


4. Selalu jaga Reputasimu.


Reputasimu adalah aset yang tak ternilai harganya. Terus tingkatkan nama baikmu dengan tindakan dan kerja yang baik serta sikap yang bisa menginspirasi orang lain.


5. Segeralah Bangkit ketika kamu gagal.


Lebih baik gagal daripada nggak mencoba sama sekali. Nggak ada gunanya terpuruk dan putus asa. Kamu adalah pemenang bagi dirimu sendiri dan kegagalan hanyalah pelajaran menuju kesuksesan. Kamu pasti bisa, Vrooh!


6. Bicarakan hal-hal Besar.


Kata-kata yang kamu ucapkan sehari-hari akan membentuk keyakinanmu, dan keyakinanmu itu akan mendorong perilakumu sehari-hari. Berkata-katalah seperti singa, bukan domba. Berbicaralah seperti seorang pemimpin, bukan pengikut.


7. Taklukkan rasa Takutmu.


Jangan lari dari rasa takut, Vrooh. Rasa takut bisa menghambat kamu, tapi kalo kamu bisa menaklukkannya, rasa takut akan bikin kamu tambah berkembang dan tambah kuat jauh melebihi apa yang kamu kira. Hadapi rasa takutmu, dorong dirimu sampai batas yang kamu bisa.


8. Berhentilah mencari-cari Alasan.


Kalo pada dasarnya kita nggak ingin ngelakuin sesuatu, kita biasa berdalih mencari-cari alasan. Tapi pahamilah bahwa hal yang menurut kamu susah kemarin, belum tentu menjadi mudah hari ini. Lakukanlah apa yang perlu dilakukan hari ini.


9. Abaikan orang-orang yang Mencelamu.


Mereka adalah orang-orang yang terancam keberadaannya karena kecemerlanganmu. Jadi buat apa dipikirin? Simpan energi kamu buat mengembangkan dirimu.


10. Jadilah orang yang memberi Manfaat bagi sekitar.



Jadi;ah pelayan bagi sesama. Menjadi orang yang besar berarti menjadi berguna bagi sekitar kita.


11. Curahkan dirimu pada Proses.



Yang namanya sukses nggak pernah mudah, Vrooh. Penampil terbaik dunia seenggaknya mencurahkan 2,5 jam waktunya selama 10 tahun untuk berlatih sebelum menjadi bintang besar. Sebuah perusahaan seenggaknya butuh waktu 20 tahun untuk menjadi besar. Nggak ada hal-hal besar yang dibangun dalam semalam. Nikmati saja prosesnya, hasil akan menyusul.


12. Bekerja keraslah lebih dari orang lain.


Kemenangan datang dari kerja keras. Untuk menggandakan kesuksesan kamu, curahkan waktu 3 kali lebih banyak pada pengembangan pribadi dan pembelajaran profesional. Karena orang yang mengetahui paling banyak akan menjadi yang terbaik.


13. Maafkanlah orang-orang yang perlu Diamaafkan.


Memaafkan mendatangkan kedamaian. Dendam cuma akan menghabiskan energi kamu pada hal-hal yang nggak penting. Kamu jadi kepikiran pada hal-hal yang sebenernya nggak perlu kamu pikirkan, dan itu akan berpengaruh pada kinerja kamu secara keseluruhan. Berdamailah. Itu akan lebih baik bagi diri kamu sendiri.

14. Jadilah orang yang Murah Hati.


Berikan pelangganmu pelayanan 100 kali lebih banyak dari yang mereka harapkan. Berikan pasanganmu cinta 100 kali lebih banyak dari yang mereka minta. Tapi ingat, jangan mengharapkan imbalan dari orang-orang tersebut, imbalanmu akan datang dengan sendirinya dari Yang Diatas.


15. Sempatkan dirimu untuk Menyendiri.



Beri waktu buat menyendiri. Ketika kamu sedang berusaha membangun dirimu menuju kesuksesan, kamu pasti akan menemukan cekcok dan perbedaan pendapat. Saat itulah kamu perlu waktu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa pergi ke suatu tempat dan menyendiri. Dengan menyendiri, kamu bisa mengkaji ulang apa yang kamu lakukan, memperkuat tekad, serta mengisi ulang bahan bakar semangatmu buat mengejar mimpi.


16. Buatlah sesuatu yang Orisinal.


Ingat, karya tiruan nggak akan bisa menjadi sesuatu yang mendunia, dan selain itu juga akan merusak citra kamu.


17. Jangan takut Terpuruk.



Jangan berdoa agar Tuhan memberikan kamu hidup yang mudah, tapi berdoalah agar kamu diberi kekuatan untuk menghadapi apapun. Rasa takut akan kegagalan dan keterpurukan nggak akan membuatmu maju. Dalam meraih impianmu, kamu akan menemui jalan yang terjal serta orang-orang yang gagal paham terhadap dirimu. bertahanlah dan bayangkan kamu sedang ditempa untuk menjadi yang terbaik.


18. Jangan membiarkan Ketidakadilan.


Kalo kamu menemui ketidakadilan di sekelilingmu, jangan diem aja. Lakukan sesuatu, berontaklah. Kalo kamu ngebiarin hal itu, maka kamu akan sama seperti kebanyakan orang-orang yaitu membiarkan dunia ini dikontrol oleh ketidakadilan (dan itu bener-bener menyakitkan kalo terjadi pada diri kamu sendiri kan?)


19. Perhatikan Kesehatan


Rutin olahraga dan aplikasikan gaya hidup sehat untuk membantu kamu hidup lebih lama. Dengan kesehatan yang baik, maka kamu akan lebih berpeluang untuk meraih apa yang kamu harapkan.


20. Jadilah dirimu Sendiri.



Berhentilah menjadi orang lain. Kebanyakan orang sibuk mengkopi orang lain. Buat apa? Masing-masing dari kita diciptakan dengan unik, dengan bakat dan kemampuan yang berbeda satu sama lain, serta jalan menuju sukses yang berbeda-beda pula, jadil berhentilah untuk sama seperti orang lain. Jadilah dirimu sendiri.


21. Ucapkan Maaf dan Terima Kasih.


Dengan sepenuh hati, ucapkan "maaf" kalo kamu melakukan kesalahan atau bersalah pada seseorang, dan ucapkan "terima kasih" kalo ada orang yang membantu kamu.


22. Bersyukurlah.


Bersyukur adalah obat bagi kesedihan. Dengan bersyukur kamu akan merasa lebih bahagia, sehingga lebih banyak semangat buat mencapai hal-hal yang luar biasa.


23. Percara Diri.


Kalo kamu nggak percaya pada diri kamu sendiri, maka siapa lagi yang akan percaya? Percayalah bahwa opini paling penting tentang dirimu adalah yang berasal dari diri kamu sendiri. Pandanganmu tentang dirimulah yang akan menentukan kesuksesan kamu.



24. Berhentilah Membandingkan dirimu dengan orang lain.


Membandingkan apa yang sudah kamu lakukan dengan apa yang orang lain raih hanya akan menghancurkan kepercayaan dirimu. Tiap orang punya rezekinya masing-masing, kamu nggak perlu iri terhadap apa yang dimiliki orang lain, karena proses yang dilalui setiap orang itu berbeda-beda.



25. Pelihara rasa Penasaranmu.




Rasa ingin tahu itu penting. Contohlah anak-anak: mata mereka berbinar-binar takjub saat menemukan hal baru yang membuat mereka penasaran. Saat kamu kehilangan rasa ingin tahumu, kamu akan kehilangan segalanya, Vrooh.



26. Bayangkan kalau hari kematianmu Besok.


Orang yang tahu akan mati esok hari pasti akan melakukan yang terbaik di hari terakhirnya. Lakukan dan jadikan ini sebagai bagian dari keseharianmu.



27. Fokuskan dirimu pada Satu hal yang berhubungan dengan Masyarakat luas.


Tujukan untuk berkontribusi bagi kebaikan msyarakat. Misalnya kamu seorang pecinta lingkungan, maka gunakan waktumu untuk aksi-aksi lingkungan.



28. Perhatikan hal-hal sampai ke Detail.


Penyempurnaan kecil dari setiap pekerjaan yang kamu lakukan akan memberi kepuasan tersendiri bagi pelangganmu.



29. Hargailah orang-orang yang Bekerja dengan Baik.


Ucapkan selamat kepada orang yang pantas. Orang-orang yang bermental sukses nggak merasa terancam dengan keberhasilan orang lain. Bila seseorang ngelakuin pekerjaan yang menurut kamu hebat, maka nggak usah ragu-ragu untuk memuji hasil kerjanya.



30. Fokus pada Hidup.


Fokuslah pada hal-hal hebat yang bisa kamu lakukan selama hidup ini, bukan pada apa yang akan kamu tinggalkan saat kamu mati.



31. Teruslah Belajar.




Jangan berhenti belajar, karena sukses adalah milik mereka yang terus belajar dan bertumbuh.


32. Terus Maju dan Jangan Menyerah.



jangan menyerah, tahanlah derita sementara, demi menjadi pemenang seumur hidupmu. Saat kamu ngerasa ingin menyerah, sebenarnya adalah saat dimana kamu harus maju harus terus maju. Kegigihan akan membawa kamu lebih dekat kepada kesuksesan.


33. Kembangkan Satu hal yang jadi Fokusmu.


Vrooh, silahkan kamu pilih menurutmu mana yang lebih baik: ahli dalam satu hal atau hanya sekedar bisa dalam berbagai hal.



34. Kesulitan akan menghasilkan Kesempatan.


Suatu hal hanya akan menjadi masalah kalo kamu memandangnya sebagai masalah. Pandanglah sebuah kesulitan sebagai sebuah kesempatan bagi kamu untuk berkembang.



35. Orang di sekelilingmu Mentukan keberhasilanmu.


Bergaullah dengan orang-orang yang mendorongmu untuk sukses. Isi obrolanmu akan menentukan seperti apakah kamu. Orang-orang sukses bicara tentang ide, sementara orang yang biasa-biasa aja membicarakan tentang orang lain.

Jadi kalo obrolan di komunitasmu nggak jauh-jauh dari ngegosispin orang, lebih baik kamu siap-siap cari komunitas baru deh. Habiskan waktumu lebih banyak dengan kumpulan orang-orang yang memotivasimu untuk maju daripada dengan orang-orang yang ngeraguin bakatmu.



36. Isi dirimu dengan Karya Seni.


Datanglah ke pameran-pameran di kotamu dan berilah apresiasi pada hasil karya mereka. Berada di antara karya-karya hebat akan ngebantu menginspirasi kamu untuk menghasilkan sesuatu yang hebat juga loh.



37. Jadikan orang-orang di sekitarmu Lebih Baik dari diri mereka sebelumnya.











Dorong orang lain untuk juga berkembang. Orang-orang sukses membangun orang-orang di sekitarnya. Jadilah pribadi yang mendorong orang lain untuk berkembang, bukan yang menjatuhkan mental orang lain.


38. Tetap Setia pada Idealismemu.


Orang-orang yang selalu optimis sanggup mengubah dunia. Itu adalah satu fakta yang nggak bisa dibantah lagi, Vrooh.


39. Jadilah orang yang penuh Kasih.


Berikan kasih sayang pada semua orang. Selama kamu mampu, tularkan kasih sayangmu kepada sesama. Karena pada akhirnya, kita akan berharap untuk bisa memberi lebih bagi orang lain terutama untuk orang-orang yang kita sayangi.


Jadi, Vrooh, apakah kamu sudah nentuin kamu akan dikenang seperti apa?



You either die a hero or you live long enough to see yourself become the villain
"Kamu bisa mati sebagai pahlawan, atau hidup cukup lama untuk melihat dirimu pelan-pelan menjadi penjahat."
 - Harvey Dent, The Dark Knight (2008)



Sumber/source: 

Sumber Aslinya Disini 

Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o