45+ Barang-Barang Yang Bisa Kamu Bikin Sendiri Dari Pipa Paralon



Membuat sesuatu dari bahan pipa paralon itu gampang-gampang susah. Gampang kalau ada contoh yang bisa kita lihat dan praktekkan, susahnya ya kalau tidak punya alat-alat yang memadai.

Pipa paralon (kalo di luar negeri dikenalnya pipa PVC) adalah salah satu bahan konstruksi yang gampang didapat & harganya relatif murah. Di warung bakso sudah pasti kamu enggak akan bisa nemuin material yang satu ini yang bernama pipa paralon. Ukurannya bervariasi, harganya pun begitu. Bahkan bisa gratis kalau tokonya punya ayah kamu sendiri.

Pipa paralon bisa dipotong, dilukis, dibor, & direkatkan dengan mudah. Karena itu, bahan ini adalah bahan yang sempurna buat banyak proyek DIY.


1. Tempat Pakan Ternak.


Di rumah punya ternak ayam tapi kamu lupa terus mau beli tempat pakan ayam karena kamunya sibuk kerja. Bikin aja sendiri tempat pakan ayam dari paralon, gampang kok bikinnya. Cocok buat hadiah ulang tahun ayam kesayangan kamu. (Tutorial: Preparing for Shtf).

2. Cangkir ATK.



Cocok buat kamu yang sehari-hari bekerja di kantor, biar semangat kerjanya. Yang sudah jadinya bisa dibeli di Land of Nod. Tapi kalo kamu mau bikin sendiri juga bisa kok sekalian dimodifikasi sesuka kamu. Cocok buat kado ulang tahun nenek. (Tutorial: Designs by Studio C).

3. Tempat Gantungan Gelas.

Buat tempat nyimpan gelas berkaki juga bisa loh bikin sendiri dari paralon. Keren kan. Cocok buat dijadiin hadiah buat kakak laki-laki kamu. (Tutorial: HGTV).

4. Tempat Simpan Hair Dryer.


Bingung cari-cari pengering rambut? Bikin sendiri deh tempatnya, jangan lupa dilukis biar lucu. Hadiah yang pas buat kakak perempuan kamu. (Foto: Pinterest).

5. Pot Vertikal Tanaman Stroberi.


Salah satu cara yang inovatif plus keren bagi kamu yang punya hobi berkebun. Yuk cobain bikin pot vertikal buat tanaman stroberi kamu. Kalo dah panen banyak jangan lupa kirimin buat Endoneshia ya. (Tutorial: Urban Green Space).

6. Kursi Anak-Anak.

Lucu, ringan, dan gampang dibikin. Rekatkan tiap sambungan pipa paralon dengan lem yang rekat & jangan lupa pilih jenis kain yang kuat buat menahan berat anak-anak. Gak dianjurkan buat ibunya. (Tutorial: Instructables, Que Linda).

7. Jemuran.

Jemuran DIY ini bisa dibikin dengan mudah dan sangat berguna. Cocok sekali buat Bi Ijah yang suka jemur baju. (Tutorial: Etsy).

8. Vas Bunga.

Bener-bener berkesan kalo bisa bikin kayak gini, vas bunga dengan cetak foto kamu. Keren kan? Cocok buat dikasihin ke tukang ojek langganan kamu. (Tutorial: Mod Podge Rocks).

9. Pot Bunga.

Gak ada salahnya bikin pot buat tanaman-tanaman kaktus kamu yang imut pasti jadinya keren. Bisa dijadiin kado buat ulang tahun Ibu Guru di sekolah. (Tutorial: Leigh Laurel Studios).

10. Tempat Sikat Gigi.

Biar acara sikat gigi kamu tambah greget tempatnya dibikin keren. Orang lain gak punya, cuma kamu. Tapi bisa juga buat kado ulang tahun Pak Guru di sekolahan kamu. (Tutorial: Crafting In The Rain).

11. Tempat Gantung Perkakas.

Kamu bisa menghemat tempat dengan sedikit trik ajaib ini. Cobain deh biar kamu gak lupa terus nyimpen-nyimpen barang perkakas sewaktu dibutuhin. (Tutorial: Beauty Riot).

12. Bingkai.

Bingkai foto semua ukuran bisa kamu bikin sendiri tanpa perlu beli. Keren lagi jadinya bisa kamu pamerin ke teman-teman. Yang ini pas banget buat dikasihin ke kakek. (Tutorial: Better Homes and Gardens).

13. Gantungan Baju.

Praktis, murah, dan gampang cara bikinnya. Kamu gak harus jadi orang yang berantakan lagi dan sembarangan naro baju kalo sudah bikin yang satu ini. Kalo kamu lagi naksir mbak-mbak SPG di mall dia cocok dibikinin yang kayak gini. (Tutorial: Weekdaycarnival).

14. Tempat Simpan Perlengkapan Sehari-Hari.

Sederhana tapi keren dan bisa bikin hidup kamu rapi. Bisa buat nyimpen stoking, kaos kaki, tisu, sapu tangan, dan aksesoris kecil lainnya. Cocok buat kamu yang sering lupa naro barang. (Tutorial: Better Homes and Gardens).

15. Gawang Sepak Bola.

Tentunya buat mainan anak-anak. Gak disarankan kalo buat gawang sepak bola beneran. Pokoknya gak tanggungjawab deh. Oiya ini cocoknya dijadiin kado buat tukang bubur ayam keliling di perumahan kamu. (Tutorial: Six Sister Stuff).

16. Papan Tulis/Etalase.

Dengan sedikit modifikasi, pipa paralon bisa buat bikin papan tulis maupun papan etalase buat toko kamu biar tampil beda. (Tutorial: Apartment Therapy).

17. Gantungan Washi Tape.

Tau Washi Tape kan? Itu loh plakban warna-warni yang biasa buat bikin kerajinan DIY. Simpan koleksi Washi Tape kamu yang bejibun dengan bikin gantungannya dari pipa paralon kecil. (Tutorial: Sowdering About in Seattle).

18. Kandang Rambat Tanaman.


Daripada beli mending kamu coba bikin kandang rambat tanaman sendiri biar keren. Kalo sudah panen jangan lupa Endoneshia dikirimin yah. (Tutorial: Instructables, Garden Web).

19. Rumah-Rumahan.

Bikin rumah-rumahan buat si kecil biar dia senang main di rumah barunya. Tutorial: It's Great To Be Home).

20. Jam Meja 2 Arah.

Ide yang keren buat bikin jam meja 2 arah, jadi bisa dilihat dari 2 sisi. Atau kalo kamu punya teman di luar negri yang perlu dihubungi dengan rutin, kamu pastinya perlu ini biar tau jam berapa di negeri sana. (Tutorial: Makezine).

21. Tempat Botol Minuman.

Bikin bufet atau kabinet botol minum kamu sendiri dengan pipa paralon, dijamin hasilnya pasti keren. (Tutorial: Martha Stewart).


22. Tempat Lampu Gantung.

Gak percaya barang ini bisa dibuat dengan pipa paralon? Coba deh bikin, hasilnya keren gak kalah dengan barang mahal. Bikin suasana ruangan jadi romantis gitu. (Tutorial: Makezine).

23. Meja Main Anak-Anak.

Hati-hati bikinnya ya, perhitungkan dengan berat badan anak. (Turotial: Makezine).

24. Lampu Meja.

Bisa dibuat sendiri dengan modal kreatifitas. Cocok buat dekorasi interior meja kamu. (Tutorial: Dremel Weekends).

25. Rumah Kaca Lipat (Fold-down Greenhouse).





Kamu senang berkebun & bercocok tanam, tapi takut tanaman & bunga-bunga kamu diterpa angin atau hujan? Bikin rumah kaca versi kamu sendiri dari pipa paralon. Bisa dilipat biar gampang buka-tutupnya. (Tutorial: Bonnie Plants).

26. Gantungan Dinding.



Bikin sentuhan warna-warni dengan DIY pipa paralon siku yang cantik. Selain berfungsi buat gantungan dinding bisa kamu modifikasi juga jadi pot bunga. (Tutorial: Portal de Artesanato).


27. Mainan Pancuran Air Anak-Anak.


Si kecil pasti suka mainan air. Semua anak-anak di dunia ini pasti suka mainan air. Bikin satu buat di rumah kamu. (Tutorial: Ellis Benus).


28. Rak Sepatu.


Butuh tempat buat koleksi sepatu-sepatu kamu? Mungkin ini salah satu pilihan yang bisa kamu bikin sendiri: rak sepatu dari pipa paralon. (Tutorial: Home Stories A To Z).


29. Rak Perlengkapan DIY.


Ide selanjutnya buat kamu yang punya hobi bikin kerajinan tangan atau acara lukis-melukis, bikin tempat nyimpan peralatan DIY kamu sendiri. (Tutorial: Today's Creative Blog).


30. Gantungan Gorden.


Pengen beli gantungan gorden tapi mahal? Coba bikin sendiri deh dijamin gak semahal kalo beli. (Tutorial: Hello Newmans).
31. Vas Bunga Elegan.


Kamu bisa bikin vas bunga elegan ini dengan sentuhan cat berwarna emas. Cobain deh dan jangan lupa kasih Endoneshia satu ya. (Tutorial: eHow).

32. Dekorasi Perabot.


Kan sekarang lagi ngetren perabot-perabot lama dibikin jadi baru lagi, nah ini salah satu triknya. Bufet atau rak lemari bisa dikasih ornamen-ornamen dari pipa paralon sesuai kreasi kamu sendiri. (Tutorial: Vintage Revivals).
33. Dekorasi Interior/Eksterior.


Bikin sesuatu yang beda dari dekorasi interior maupun eksterior dengan memanfaatkan pipa paralon. (Tutorial: Home Depot). 


34. Tempat Perkakas.


Banyak perkakas di gudang yang semakin hari semakin berantakan? Rapihin sedikit lah dengan coba bikin DIY tempat nyimpen perkakas kamu. Siapa tau tetangga kamu jadi minta dibikinin kan lumayan bisa dibisnisin. (Tutorial: Newly Woodwards).
35. Tempat Parkir & Garasi Mobil (Mobil-Mobilan).


Bapaknya cuma punya mobil 1, tapi si kecil mobilnya ada 2 plus motor 3, jadi bingung mau parkir dimana. Bikin garasi-garasian dengan menggunakan pipa paralon. Tutorial: Mom Endeavors).
36. Pancuran Air.


Nikmati musim panas dengan air mancur yang riang buat si kecil. Bikin sendiri pancuran airnya dari pipa paralon. Gampang kok. (Tutorial: Instructables).
37. Pot Tanaman Gantung.


Gunakan imajinasimu untuk bikin pot tanaman ala kreasi kamu sendiri dengan bermodalkan pipa paralon. Jangan lupa bikinin Endoneshia satu ya.
38. Tempat Lampu Kreatif.


Gunakan imajinasi kamu untuk bikin lampu yang kreatif banget biar bisa dipamerin ke teman-teman kamu. Modalnya cuma sederhana kok, pipa paralon doang. Dan bola lampu plus kabel tentu saja.
39. Rak Mainan Hot Wheels. 



Kamu punya koleksi Hot Wheels? Banyak gak? Sebanyak apa? Kalo kurang garasinya, bikin sendiri aja dengan pipa paralon biar keren, biar koleksi Hot Wheelsnya tambah semangat.


40. Sekat Kreatif.



Dengan sedikit sentuhan ajaib dari tangan kamu, kamu bisa bikin sebuah masterpiece yang keren. Coba aja bikin sekat seperti ini.
41. Tempat Plakban.


Gak sesulit kelihatannya kok. Tempat nyimpen plakban yang sederhana ini bisa dibikin sendiri dari pipa paralon. (Tutorial: LeftBrainCraftBrain).
42. Tempat Alat Tulis.


Salah satu ide yang keren yang bisa kamu buat. Kalo kamu suka kreatifitas kamu pasti suka dengan yang ini. (Tutorial: Creative Cricket).

43. Dekorasi Interior (lagi).


Sulap pipa paralon yang kamu punya menjadi sebuah dekorasi interior yang keren. Bisa dibikin sendiri. Yang sabar bikinnya ya. (Tutorial: Craftbits).

44. Mainan Kreatif Anak-Anak.


Coba bikin yang satu ini dijamin adik kecil kamu bakalan suka banget.

45. Pot Bunga Bertingkat.


Modifikasi pot bunga kamu dengan beberapa potong pipa paralon, rangkai sedemikian rupa, dan, voila, kamu punya pot bunga yang orang lain gak punya.

46. Tempat Perkakas (lagi).


Buat yang punya hobi pertukangan bisa bikin yang seperti ini di rumah. Lumayan kan sederhana tapi tetap kelihatan keren. (Tutorial: TheGarageJournal).

47. Rak Serbaguna.


Pilih pipa paralon dengan ukuran yang kamu perlukan, potong sedemikian rupa, lukis biar tambah keren, tempelkan ke dinding buat jadi tempat nyimpen barang-barang kamu. Bisa kamu atur letak-letaknya buat menambah nilai estetika. Cielah. (Tutorial: X4Duros).



Sumber: Architecturendesign

2 comments

Author
avatar

Interesting. Thankyou buat tulisan inspiratifnya.

Balas
Author
avatar
Balas

Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o