Agatha Christie 1929 The Seven Dials Mystery - Misteri Tujuh Lonceng





THE SEVEN DIALS MYSTERY
By Agatha Christie
1929
ISBN 979-686-331-6

MISTERI TUJUH LONCENG
Alih bahasa: Mareta
GM 402 88 331
Cetakan pertama: April 1988

Setting tempat utama: kediaman Chimneys, sebuah rumah kuno bersejarah yang berukuran besar yang sering dijadikan tempat istirahat maupun pertemuan para pejabat-pejabat Inggris. Kemudian sebuah daerah yang bernama "Tujuh Lonceng" yang berada di Inggris, beberapa mil jaraknya dari Chimneys.


Mereka yang terlibat:

Jimmy Thesiger - tokoh utama cerita. Seorang pemuda berwajah bulat yang ramah. Sedang berlibur di puri Chimneys yang sedang disewa oleh...

Lady Coote (Maria) - nyonya rumah yang menyewa Chimneys. Seorang wanita bertubuh besar dengan kesan sendu yang kelihatan seperti seseorang yang memendam kepedihan (padahal dia tidak punya persoalan apa-apa dalam hidupnya kecuali kekayaan yang meroket begitu cepat pada diri suaminya...

Tuan Oswald Coote (Sir Oswald Coote) - seorang pengusaha sukses di bidang industri baja dan besi yang mendapatkan kekayaannya dalam waktu singkat. Punya kepribadian yang amat kuat sehingga siapapun yang berdekatan dengannya akan kelihatan tidak berarti. Senang menyewa rumah-rumah kuno sebesar istana, termasuk saat ini dia menyewa Chimneys bersama istrinya selama 2 tahun dari...

Alastair Edward Brent "Marquis of Caterham" (Lord Caterham) - pemilik rumah kuno Chimneys yang tidak suka dengan segala macam kekakuan dan aturan-aturan ketat. Sifatnya acuh tak acuh, ramah, dan agak lamban. Istrinya sudah meninggal dengan meninggalkan 3 orang anak perempuan: satu sudah remaja, dan yang dua masih kecil. Yang sulung bernama...

Lady Eileen "Bundle" Brent - bersemangat, dan dikenal jago ngebut. Menjadi tokoh utama yang mendampingi Jimmy Thesiger. bersama adik Jimmy mereka bertiga  menyelidiki kasus pembunuhan misterius yang berhubungan dengan "Tujuh Lonceng".

George "Codders" Lomax - seorang Menteri Kabinet Departemen Luar Negeri. Memiliki beberapa anak buah yang saat ini sedang berlibur di Chimneys. Senang mengisi pidato-pidato resmi yang panjang lebar.

Gerrald "Gerry" Wade - seorang pemuda dengan wajah lebih temban daripada Jimmy. Kebiasaannya bangun kesiangan sudah menjadi maklum bagi setiap orang yang dikenalnya (dimanapun dia menginap, dia jadi orang yang terakhir bangun. Dan dirinya tidak mengerti kenapa bisa begitu). Punya seorang adik tiri perempuan bernama...

Nona Loraine - adik tiri Gerry yang tinggal bersama Nyonya Coker di sebuah rumah yang letaknya 20 mil dari puri Chimneys. Badannya mungil dan berkulit pucat. Selalu bersikap ramah dan mudah akrab dengan siapapun.

Rupert "Pongo" Bateman - bekerja sebagai sekretaris pribadi Tuan Oswald dan merupakan kawan sekolah Jimmy dulu. Selalu serius dan cerdas karena seringkali memberikan solusi sehingga Jimmy menyebutnya sebagai 'orang yang punya otak' diantara yang lainnya.

Vera "Socks" Dayentry - seorang gadis muda yang seringkali berbicara dengan memakai kata "luwes". Luwes adalah kata favoritnya. Ikut berlibur di Chimneys bersama dua gadis lainnya; Helen & Nancy.

Bill Eversleigh - seorang pemuda berbadan besar dan langkah yang berat. Dia menjuluki Jimmy sebagai 'Pongo kedua'. Bersama dengan Gerry dan Ronny mereka bekerja di Departemen Luar Negeri.

Ronald "Ronny" Deveraux - penuh semangat hidup dan merupakan sahabat karib Gerry.


Dalam cerita ini, Jimmy, Bundle, dan Loraine bersama-sama menyelidiki pembunuhan yang melibatkan sebuah organisasi bernama "Tujuh Lonceng". Anggotanya diberi nama sesuai urutan jam: 

Jam Satu - seorang artis yang berperan menjadi seorang wanita berkebangsaan Hungaria. Memiliki punggung indah dengan tahi lalat di bahu sebelah kanan. Menggantikan posisi Jam Satu sebelumnya yang sudah meninggal lebih dulu.

Jam Dua - seorang pemuda gagah yang telah berkorban membela negaranya.

Jam Tiga - seorang Inggris terpelajar yang berbadan besar.

Jam Empat - seorang wartawan Amerika sekaligus simpatisan Inggris yang mempunyai penciuman tajam terhadap berita-berita.

Jam Lima - dari kedutaan Hungaria, merupakan sahabat karib Jam Satu yang sudah meninggal lebih dulu.

Jam Enam - berprofesi sebagai pemilik klub judi. Dia merupakan seorang agen rahasia anti komunis di Inggris.

Jam Tujuh - diketahui merupakan pimpinan organisasi dengan identitas yang masih misterius.


Diketahui pula mereka yang terlibat juga ikut dalam pertemuan di pesta Wyvern Abbey:

Sir Stanley Digby - seorang laki-laki kecil dengan senyum menyenangkan yang bekerja sebagai Menteri Perhubungan Udara.

Tuan Terence O'Rourke - laki-laki muda dengan perawakan tinggi dan mata biru yang ramah.

Sir Oswald & Lady Coote bersama sekretarisnya Rupert Bateman.

Nyonya Macatta - tidak bisa datang karena anaknya sakit. Seorang anggota Parlemen yang amat brilian. Ketidakhadirannya digantikan oleh...

Countess Anna Radzky - seorang wanita cantik dengan mata besar berwarna biru dan rambut hitam pekat. Pemimpin Young Hungarian Party; sebuah organisasi yang menangani urusan bayi.

Tuan Herr Eberherd - seorang penerbang berkebangsaan Jerman yang berusia 33 tahun. Berbadan kurus dan bermuka pucat.


Para pelayan di Chimneys yang ikut dicurigai:

MacDonald - tukang kebun senior yang senang memandangi kebun kekuasannya.

Tredwell - kepala pelayan yang bersikap seperti orang penting.

Nyonya Howell - kepala rumah tangga di kediaman Chimneys, seorang wanita yang berwibawa.

William - pelayan yang seringkali menjadi pesuruh Tredwell.

John Bauer - seorang pelayan pengganti yang baru sebulan bekerja di puri Chimneys. Wajahnya tanpa ekspresi dan tubuhnya tegap seperti tentara.

Katie - gadis pembuka gerbang puri Chimneys.

Alfred - mantan pelayan puri Chimneys yang sekarang bekerja di sebuah klub judi.

Stevens - pelayan pribadi Jimmy.


Dan para penyelidik pun berdatangan:

Inspektur Battle - seorang laki-laki bertubuh besar, tegap dan seringkali tanpa ekspresi. Penampilannya lebih mirip seorang komisaris polisi ketimbang seorang detektif. Kasus-kasus yang ditanganinya kebanyakan kasus-kasus sensitif yang berhubungan dengan keamanan negara.

Inspektur Raglan - pemimpin penyelidikan yang agak arogan.

Kolonel Melrose - kepala polisi distrik setempat sekaligus teman lama Lord Caterham.
Lestrade - seorang inspektur dari Harrods, kepolisian Scotland Yard Inggris. 


Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o