The Rolling Stones





KEEP
CALM
and
listen
ROLLING
STONES


The Rolling Stones adalah sebuah band rock Inggris yang mulai terkenal sejak tahun 1960-an dan masih terkenal hingga sekarang. Apabila dianalogikan, The Rolling Stones adalah sebuah batu yang hingga kini masih menggelinding, entah sampai kapan.

Dibentuk di London, Januari 1963. Tetapi sesungguhnya cikal bakal Stones sudah ada sejak tahun 1962 dengan formasi awal yang terdiri dari Mick Jagger (vokal, harmonika), Keith Richards (lead gitar, harmonika), Brian Jones (rhytm gitar, harmonika), Mick Avory (drum), dan Dick Taylor (bass).

Band dengan formasi kuintet ini didirikan oleh Brian Jones (kelahiran Cheltenham, Inggris 28 Februari 1942). Ia meninggalkan Cheltenham dan pergi ke London untuk membuat grup musik. Sebelum mendirikan The Rolling Stones, Brian sempat bergabung dengan band Cheltone Six (sebagai pemain klarinet) dan The Ramrods. Ketika di London, Brian bertemu dengan Mick Jagger dan Keith Richards, yang dimana akhirnya mereka bertiga membentuk sebuah grup musik yang bernama Little Blue & The Blue Boys.

Diawal penampilannya, formasi The Rolling Stones adalah Mick Jagger (vokal), Keith Richards (gitar), Brian Jones (multi instrumentalis), Bill Wyman (bass), Charlie Watts (drum), dan terakhir Ian Stewards (keyboard) yang setelah dipertimbangkan sudah tidak sesuai lagi dengan idola remaja pada masa itu yang menyatakan jika kelompok band dengan anggota 6 orang maka personilnya akan lebih sulit dikenal satu per satu oleh penggemar dibanding band dengan anggota 4 atau 5 orang. Akhirnya Ian Stewards harus keluar dengan hormat dari formasi kelompok musik tersebut dan kemudian menjadi manajer tur sekaligus pemain keyboard additional kelompok ini pada tahun 1963 hingga wafatnya tahun 1985.

Jones dianggap memimpin band selama Jagger dan Richards menciptakan lagu yang kelak menjadi lagu-lagu hits band ini. Hingga tahun 1969 peranan Jones semakin jauh berkurang bahkan dia tidak bisa ikut tur ke Amerika Serikat karena alasan hukum, dia mengundurkan diri dengan hormat dari band tersebut. Beberapa minggu kemudian Jones ditemukan tewas tenggelam. Gitaris Mick Taylor mengganti posisinya bergabung dengan The Rolling Stones dan mengundurkan diri tahun 1974, kemudian posisinya digantikan oleh Ronnie Wood sampai dengan sekarang. Bill Wyman mengundurkan diri tahun 1992, posisinya digantikan oleh Darryl Jones tetapi tidak masuk dalam formasi band sepenuhnya.

Hingga saat ini, formasi resmi The Rolling Stones yang kita kenal adalah: Mick Jagger (vokal), Keith Richards (gitar), Ronnie Wood (gitar), Charlie Watts (drum).

Sumber : Wikipedia
Website resmi : The Rolling Stones


Jangan lupa dikata-katain ya, biar kamu senang, hmm ... o_o